Kamis, 09 Juli 2015

  1. Pilih bambu yang bagus: rosnya panjang, belum terlalu tua dan tidak terlalu muda
  2. Potong-potong tiap ros bambu itu, biasanya yang paling pangkal dan paling ujung dibuang
  3. Bambu dibersihkan dari kulitnya menggunakan sabit/alat terbuat dari besi, hingga bambu bersih dan berwarna putih.
  4. Ambil satu ros bambu yang bersih itu, kemudian dibelah menjadi beberapa bagian, tiap belahan kira kira lebarnya 2,5 cm s.d. 3 cm.
  5. Belahan-belahan bambu itu masih dibelah tipis-tipis, belahan tipis itu berbentuk lembaran-lembaran.
  6. Lenbaran-lembaran tipis itu dibelah-belah menjadi beberapa lembar lagi, kira-kira lebarnya 0,3 s.d. 0,4 cm.
  7. Lembaran kecil-kecil itu masih diperhalus, nama khasnya cara menghaluskan lembaran kecil itu disebut besut bisa juga ongot. Besut atau ongot ini menggunakan sabit, lembaran kecil itu digesekkan ke sabit bagian tajam, menggunakan jari telunjuk kiri untuk menekannya, jari telunjuk kiri biasanya dialasi kain atau yang lain, supaya tidak terkena sabit. Tangan kiri bertugas mengapit peganggan sabit sehingga tidak mudah bergerak, sedangkan tangan kanan memegang lembaran kecil itu untuk diapitkan, setelah terapit, tangan kanan menarik lembaran itu hingga lembaran menjadi halus.
  8. Setelah lembaran kecil itu dihaluskan semua, baru proses penganyaman.
  9. Penganyaman harus menggunakan langkah dua, dan dianyam membentuk kerucut. Untuk membuat sebuah caping membutuhkan anyaman kerucut seperti ini dua buah.
  10. Berikutnya membuat babonan (alasan yang nantinya diletakkan di antara dua anyaman kerucut di atas.
  11. Babonan, dibuat dengan cara ros bambu yang dibelah-belah 3,5 -4 cm, dibelah membentuk lembaran namun lebih tebal (0,1 cm) dan kaku dibanding yang digunakan untuk membuat anyaman kerucut di atas.
  12. Lembaran-lembaran tebal itu kemudian dianyam juga membentuk kerucut.
  13. Setelah jadi babonan, kemudian anyaman kerucut itu ditumpuk menjadi satu, dengan urutan: paling luar yang anyaman kerucut tipis, tengah babonan, dan bawahnya babonan anyaman kerucut lagi, jadi perlu dua anyaman kerucut dan satu babonan untuk membuat sebuah caping.
  14. Setelah disatukan dengan rapat, pinggirnya dipotong hingga kerucut itu pinggirnya membentuk lingkaran, perlu menggunakan jangka.
  15. Setelah itu pinggir kerucut itu perlu diapit dengan yang namanya gapit agar tidak renggang.
  16. Gapit dibuat dari belahan bambu yang berbentuk lingkaran/elips juga bisa. Lingkaran/elips itu dibelah menjadi dua bagian. kedua bagian itulah yang digunakan untuk mengapit pinggir kerucut.
  17. Agar apitan kuat, perlu yang namannya dijejet. Njejet menggunakan alat jarum dan benang. Benang dililitkan ke lingkaran yang sudah mengapit, menggunakan jarum untuk menjahitkan ke kerucut.
  18. Jarak antara lilitan yang satu dengam yamg lain kira-kira 0,2 cm-0,3 cm, serapi mungkin.
  19. Setelah lingkaran itu terlilit semua, jadilah caping yang awal.
  20. Untuk membaut caping yang bagus lagi, capig awal itu perlu diasapi hingga berwarna kekuningan, ingat asap saja, bukan api, ini kalau mayarakat Tekluk. Bisa juga lapisan luar caping di pelitur biar kelihatan mengkilat.
  21. Untuk mendapatkan caping yang khas pedesaan, caping harus diasapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar